Saat ini para pedagang online shop makin dimanjakan dengan kemudahan berkomunikasi yang ditawarkan oleh berbagai vendor gadget dan provider cellular. Dalam operasionalnya seorang pebisnis online banyak melakukan komunikasi dengan customernya, untuk itu perlu adanya media komunikasi yang mudah digunakan dan akrab untuk banyak orang.

Berikut ini beberapa media komunikasi yang bisa digunakan untuk mendukung kelancaran komunikasi Anda dengan customer online shop Anda :

Email

Ini saya letakkan di awal karena memang media ini adalah yang paling utama dalam sebuah pemasaran produk melalui media online. Biasanya seorang calon pembeli akan menanyakan banyak hal kepada CS melalui email atau fitur “contact us” di website online shop.

Yahoo Messenger

Layanan gratis milik Yahoo ini menduduki peringkat nomer 1 untuk kategori messenger di ranah online. Hampir semua pengguna internet memiliki akun di YM (Yahoo Messenger), ini menjadi alat kedua yang paling efektif untuk berinteraksi secara langsung dengan customer Anda. Tampilkan akun YM Anda di halaman website Anda sehingga customer yang ingin berkomunikasi dengan Anda bisa langsung bertanya jawab melalui YM ini.

BBM

Ini nih yang sedang sangat booming di Indonesia, banyak pedagang online yang hanya mengandalkan BBM untuk menjual dagangannya kepada jaringan teman di Blackberry miliknya. Namun saya sarankan untuk menggunakan BB sebagai sarana penunjang website Anda saja, dikarenakan kualitas RIM yang masih tidak stabil. Akan sangat merugikan jika Anda hanya bersandar pada satu media ini sebagai ujung tombak pemasaran, disaat terjadi error jaringan maka terhenti sudah semua potensi pembelian bagi Anda.

Whatsapp

Jika BBM menggunakan PIN sebagai tanda pengenalnya, maka Whatsapp menggunakan nomer telp pemilik akun sebagai tanda pengenalnya. Aplikasi ini sudah mulai banyak digunakan dan bisa Anda jadikan sebagai media komunikasi tambahan selain dari media komunikasi lainnya.

Telp dan SMS

Setelah semua diskusi panjang lebar melalui email, YM, BBM, atau Whatsapp maka biasanya seorang calon pembeli akan menelpon penjualnya, biasanya ini dimaksudkan untuk membaca situasi dari nada bicara si penjualnya. Seiring dengan makin maraknya penipuan dengan menggunakan internet maka saat ini customer online pun mulai pandai dan berhati-hati dalam melakukan transaksi. Jika memungkinkan milikilah nomor dari seluruh provider yang ada di Indonesia, dengan tujuan untuk memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda. Semakin murah biaya yang dikeluarkan calon pembeli maka akan semakin nyaman calon pembeli tersebut bertransaksi dengan kita.

Saran saya adalah gunakanlah seluruh media yang mungkin untuk Anda sediakan, jika memang budget Anda belum mencukupi untuk pengadaan sebuah gadget untuk berkomunikasi maka jadikanlah itu sebagai agenda penting yang harus segera Anda penuhi. Karena bagaimanapun juga itu akan menjadikan rasa nyaman bagi pembeli Anda, semakin Anda makin mudah diakses maka makin kecil prasangka buruk terhadap Anda, dan akan makin meningkat rasa kepercayaan customer kepada Anda.

 

.jasatulisartikel