Transaksi adalah jiwa dari sebuah online shop, tanpa adanya transaksi maka Online Shop Anda bisa dibilang mati dan tidak berfungsi maksimal. Oleh karena itu transaksi merupakan ujung tertinggi dari sebuah proses perdagangan, namun ada beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dari transaksi.

Berikut ini adalah urutan proses terjadinya transaksi di dalam sebuah online shop:

  • Produk

Produk adalah sebuah faktor terpenting dalam sebuah mata rantai jual beli, strategi marketing terbaik adalah menyediakan produk barang atau jasa yang dicari oleh customer kita. Pengadaan produk sangat penting diutamakan jauh sebelum adanya strategi marketing. Biarkan marketing hanya menyesuaikan produk yang ditawarkan, hindarilah untuk terburu-buru membuat sebuah perencanaan marketing sebelum menemukan jenis produk yang akan Anda perdagangkan.

  • Etalase Online

Bangunlah sebuah media online yang akan Anda gunakan sebagai etalase bagi produk dagangan Anda. Ada banyak jenis media online yang bisa Anda gunakan, namun secara garis besar semua media online tersebut adalah berupa website. Anda berhak memutuskan akan menggunakan website sendiri atau menggunakan website dari pihak ketiga sebagai etalase bisnis Anda (FB, twitter, multiply, tokobagus, blibli, berniaga, dll). Yang terbaik adalah memiliki sebuah website sendiri, karena ini akan menjadi sebuah investasi yang akan sangat berguna nantinya. Usahakan untuk menghilangkan ketergantungan yang terlalu tinggi dengan pihak ketiga.

  • Transaksi

Setelah ada produk yang dipilih oleh customer melalui media online yang menjadi etalase, maka jika customer itu menginginkan maka terjadilah transaksi.

  • Payment/Pembayaran

Customer yang tertarik akan segera melakukan pembayaran kepada Anda melalui rekening Bank yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

  • Serah Terima Barang

Setelah pembayaran sukses maka Anda berkewajiban mengirimkan produk tersebut kepada customer Anda melalui jasa kurir yang telah disepakati bersama. Kondisi terbaik adalah jika produk sampai di tangan pembeli sesuai dengan apa yang diharapkan oleh customer dan tanpa cacat yang terjadi dikarenakan kegiatan pengiriman.

Masing-masing faktor diatas itu saling terkait satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan sendiri-sendiri. Seluruh proses diatas mengarah kepada kepercayaan yang akan Anda dapatkan dari customer – kepercayaan yang Anda dapatkan tersebut akan menjadikan customer akan berubah menjadi pelanggan setia Anda.

 

.jasatulisartikel